Perancis Tetap Bidik Target Lolos 16 Besar Piala Dunia 2014

 

Perancis Tetap Bidik Target Lolos 16 Besar Piala Dunia 2014

Perancis Tetap Bidik Target Lolos 16 Besar Piala Dunia 2014

Prancis memang sudah dipastikan tampil dalam Piala Dunia 2014 di Brasil tahun depan. Namun perjuangan tim asuhan Didier Deschamps tidaklah mudah. Untuk mengantongi tiket ke Brasil, Prancis tidak bisa langsung melaju, namun mereka masih harus menjalani babak play-off terlebih dahulu menghadapi Ukraina. Bahkan kesempatan mereka semakin kecil saat Ukraina berhasil mengalahkan mereka dengan skor  2-0 di pertandingan putaran pertama. Namun akhirnya di putaran kedua Prancis berhasil membalas kekalahan dengan skor 3-0 . Akhirnya dengan hasiagregat 3-2 Prancis berhasil mengantongi tiket melaju ke Brasil. Berdasarkan pengalaman dari usaha mereka tersebut, Didier Deschamps memberi peringatan kepada para anak asuhnya untuk tidak menganggap enteng siapapun lawan mereka di Piala Dunia 2014 nanti. Pembagian grup di Piala Dunia 2014 sudah diumumkan pada hari jumat tanggal 6 Desember 2013 kemarin di Costa Do Sauipe Bahia State Brazil.

Berdasarkan pengumuman tersebut Prancis akan bertemu dengan Swiss, Ekuador dan Honduras. Keempat negara ini tergabung dalam grup E. Hasil pengundian grup tersebut diterima dengan baik oleh Didier Deschamps sebagai pelatih Timnas Prancis. Menurut Didier Deschamps laga itu nanti bisa saja menjadi rumit. Mereka akan bertemu dengan negara tetangga Swiss, Ekuador dan Honduras yang memiliki pola permainan yang sama. Pelatih Prancis itu mengatakan bahwa saat menghadapi Ukraina banyak pihak yang menyebutkan Ukraina adalah lawan yang menguntungkan bagi Prancis namun hasilnya sangat mengejutkan. Ukraina sangat tangguh dan hampir saja menjegal laju Prancis ke Piala Dunia. Maka dari itu, Didier Deschamps tak memasang target yang terlalu muluk muluk. Sebelumnya di Piala Dunia 2010, Prancis tak bisa melewati fase grup sehingga pada Piala Dunia 2014 kali ini Prancis hanya ingin melebihi pencapaian mereka di Afrika Selatan lalu yaitu bisa lolos ke babak 16 besar.

Untuk laga perdana, Prancis dijadwalkan akan menghadapi Honduras.Meraih kemenangan dalam laga pertama itu sangat penting. Dengan kemenangan akan membuat Prancis dalam posisi terbaik. Didier Deschamps mengatakan bahwa tidak ada lawan yang mudah, bagi Prancis mereka harus ambisius namun masih tetap realistis. Setelah hasil pengundian diumumkan target Prancis masih belum berubah yaitu bisa meneruskan laju mereka ke babak 16 besar. Prancis bukanlah salah satu negara yang di jagokan menjadi negara terkuat di Piala Dunia 2014 nanti seperti Spanyol, Italia dan Brazil. Hal ini disebabkan karena catatan Prancis yang belum memuaskan di Piala Dunia. Prancis terakhir berhasil menjuarai Piala Dunia di tahun 1998. Kemudian Prancis gagal meraih prestasi tersebut tiga kali berturut turut. Bahkan di Piala Dunia 2002, Prancis tidak bisa lolos dari babak penyisihan grup. Pada Piala Dunia 2006, Prancis sempat melaju ke putaran final namun harus tersingkir lagi di babak penyisihan grup saat Piala Dunia 2010 lalu.